TEKNOLOGI INFORMASI

PENGANTAR KOMPUTER

TEKNOLOGI INFORMASI

DISUSN OLEH

NAMA             : WIDYA NINGSIH

NIM                 : 1111018200013

DOSEN            : DINDIN SOBIRUDDIN

Universitas Islam Negeri

Syarif Hidayatullah Jakarta

Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan

 Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat

Jakarta

2011

PENDAHULUAN

Apa  yang dimaksud dengan teknologi informasi atau TI? Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer?apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian teknologi informasi? Pertanyaan – pertanyaan seperti ini sering dilontarkan dan untuk menemukan jawababnnya kita perlu memahami pengertian teknologi informasi itu sendiri

Teknologi informasi (information technology) biasa disebut TI,IT atau infotech.teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer,tetapi juga merupakan teknolgi komunikasi.dengan kata lain,yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi informasi’

Dari pembahasan diatas tersirat bahwa teknologi informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung kekomputer lain melalui alat telekomunikasi,tetap juga dapat berupa peranti seperti ponsel ataupun peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan penyajian informasi.

Jadi secara awam TI atau IT bisa diartikan penyampaian informasi yang menggunakan teknologi khususnya teknologi digital. Penyampaian informasi sebelum ada teknologi biasa dilakukan secara manual. Sebagai contoh dulu penduduk desa ketika akan menyampaikan informasi menggunakan kentongan sebagai alat informasi. Setelah ada teknologi digital informasi di sampaikan lewat HP dan sebagainya.

TI sangat berperan penting dalam kecepatan penyebaran sebuah informasi di dunia modern ini.

PEMBAHASAN 

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi (TI) adalah akuisisi, pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik dengan kombinasi mikroelektronika berbasis komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel yang diterbitkan 1958 di Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa “teknologi baru belum memiliki nama yang didirikan tunggal. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI ).” Beberapa bidang modern dan muncul dari teknologi informasi teknologi web generasi berikutnya, bioinformatika, komputasi awan, sistem informasi global, knowledgebases skala besar, dll

TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa pemrograman, dan konstruksi data. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari domain TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: otomatisasi proses bisnis, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
Profesional TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin / Kompetensi) yang berkisar dari menginstal aplikasi untuk merancang jaringan komputer yang kompleks dan database informasi. Beberapa tugas-tugas yang profesional TI melakukan mungkin termasuk pengelolaan data, jaringan, perangkat keras teknik komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari teknologi konvensional komputer dan jaringan pribadi, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan tersebut.
Di masa lalu, Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi dan Association for Computing Machinery telah bekerjasama untuk membentuk standar akreditasi dan kurikulum untuk derajat dalam Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan untuk Ilmu Komputer dan Informasi sistem hari ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s