PENGELOMPOKAN TI

 

Pengelompokan Teknologi Informasi

 

  1. 1.      Teknologi Komunikasi

Berbagai definisi teknologi informasi telah diutarakan oleh beberapa ahli, diantaranya :

  1. Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu  Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  2.  Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpaninformasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  3. Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah ternologi yang menggabungkan komputasi (komputer)  dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Contoh dari teknologi komunikasi berupa:       

  •  Telepon
  •  Radio
  •  Wireless
  •  Televisi
  1. 2.  Teknologi Masukkan

Teknologi masukan (input technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Piranti masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.

Contoh teknologi masukan:

  • Keyboard
  •  Mouse
  • Barcade
  • Touch screen
  1. 3.  Teknologi Keluarkan

Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahansistem. Layar dan monitor dan printer merupakan piranti yang biasa digunakan sebagai piranti keluaran.

  1. 4.  Teknologi Software

Perangkat lunak (software) atau dikenal juga dengan sebutan program. Untuk mengerjakan tugas komputer, diperlukan perangkat lunak sendiri. Sebagai contoh Microsoft Word merupakancontoh perangkat lunak pengolah kata yang bergunauntuk membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar.

  1. 5.  Teknologi Penyimpanan

Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internaldan penyimpanan eksternal.  Memori internal (biasa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengikat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM danRAM. ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkanRAM  (Read Access Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui. Berbagai teknologi penyimpanan Penyimpanan eksternal (external storage) dikenal juga dengan sebutanpenyimpanan sekunder. Penyimpanan external adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Pengertian permanen disini berarti badata yang terdapat pada penyimpanan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Harddisk, disket, CD &DVD dan flashdisk adalah contoh penyimpanan eksternal.

  1. 6.  Teknologi Mesin Pemproses

Mesin Pemroses (processing machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU(Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor. Contoh prosesor yang terkenal saat ini, antara lain adalah Pentium dan PowerPC.

Terdapat macam-macam prosesor yaitu:

  • Micro prosesor
  • Prosesor

Klasifikasi sistem teknologi informasi

  1. Menurut Fungsi
  • Embedded It System
  • Dedicated It Syste
  • General Purpose It System
  1. Menurut Ukuran
  • Micro Komputer
  • Workstation
  • Mini Komputer
  • Main Frame Super Komputer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s