SOFTWARE MULTIMEDIA

Pendahuluan

Perangkat  lunak  multimedia  adalah  komponen-komponen  dalam  data  processing  system,  berupa program-program  untuk  mengontrol  bekerjanya  sistem  komputer  multimedia.  Perangkat  lunak  ini digolongkan  menjadi  tiga  bagian  yaitu  bahasa  pemrograman  multimedia,  perangkat  lunak  sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia. Pada kali ini saya akan membahas tentang software multimedia.

  

 

A. Macam-macam Software Tool Multimedia

1.    Winamp

Winamp adalah media palayer untuk PC berbasis windows dan perangkat Android. Winamp mendukung  pemutaran musik dengan menggunakan MP3, MIDI, MOD, MPG, FLAC, WMA, WAV, ACC .Winamp dapat mengedit suara musik sesuai selera seperti pop, jazz, rock dll.

2.  Photoshof

Photoshof adalah perangkat lunak editor citra buatan adobe systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto, gambar dan pembuatan efek.

3.     Ms. Word

Microsoft Word adalah aplikasi program pengolah kata yang dikeluarkan perusahaan microsoft yang mempunyai fungsi untuk membuat surat menyurat, membuat grafik, membuat tulisan menarik dengan menggunakan gambar,dll.

4.  Adobe Flash

Adob Flash adalah software untuk membuat presentasi yang canggih menggabungkan gambar, animasi, suara, video, dan efek khusus.

5. Autodesk Combustion 2008

Autodesk combustion adalah software untuk membuat penulisan yang menarik dan efek khusus. Kemampuan untuk melukis, menghidupkan, mengedit, dan menulis dalam 2D dan 3D digabungkan dalam lingkungan yang terintegrasi dan mudah digunakan.

6. Adobe Director 11

Adobe Director 11 adalah untuk membuat game online, demo produk 3D, presentasi kios berbasis CD, web-based e-learning aplikasi,dll

7. Adobe Flash Actionscript 3.0

Adobe Flash Actionscript 3.0 adalah software   untuk menciptakan situs web media-kaya, aplikasi web, game online, streaming audio dan video presentasi, kartu ucapan animasi.dll

8. Adobe Illustrator CS4

Adobe Illustrator CS4 merupakan salah satu software untuk membuat desain grafis. Software ini sangat populer dan sudah diakui kecanggihannya. Kelengkapan fasilitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam mendesain grafis.

9. Maya 8.5

Perangkat lunak Autodesk Maya Complete adalah rangkaian lengkap alat untuk pemodelan 3D dan animasi.

10. Brice 6.0

Bryce adalah aplikasi penciptaan medan,  untuk membuat dan render 3D yang menakjubkan lingkungan. Model objek organik seperti pohon dan dedaunan, atau bangunan modern atau kuno. Mesin rendering foto realistik Bryce ini memungkinkan  untuk membuat langit realistis, lautan luas, galaksi jauh dan banyak lagi.

11. Rhino 3D

Rhino versi 3 .0 adalah software  untuk rendering, animasi, penyusunan, teknik, analisa,mengedit, dan manufaktur.

12.  Jet Audio 8.0.8 1500 Plus XCV Edition

Jet Audio ini mendukung beberapa format, termasuk WAV, MP3, OGG, WMA, MPG, AVI, WMV, MIDI, RM dll. Selain dapat mendengarkan dan menonton file media dapat juga mengedit efek suara, mengubah kecepatan video, digitized CD audio, mengkonversi file dari satu format yang lain, dan banyak lagi.

13.  Xilisoft Video Converter Ultimated 6.0

Xilisoft Video Converter  mampu mengkonversi video dari semua format populer seperti AVI, MPEG, WMV, DivX, MP4, H.264/AVC, AVCHD, MKV, RM, MOV, XviD, 3GP, dan audio MP3, WMA, WAV, RA, M4A, AAC, AC3, OGG. dan juga dapat mengkonversi video, audio, dan gambar animasi untuk bermain di PSP, PS3, iPod,
iPhone, Apple TV, Xbox, telepon Google, iPad dan multimedia digital lainnya seperti:

  1. Mengkonversi format video HD dan SD
  2. Mengkonversi antara format audio: MP3, WMA, WAV, AAC dan sebagainya
  3. Convert video ke iPod, iPhone, PSP, PS3, Xbox, ponsel, MP4 player, ponsel Google, Apple iPad
  4. Edit video, klip / merge / split file, tambahkan tanda air / sub judul / soundtrack untuk video

14. Nero Multimedia

Nero Multimedia Suite 10 Platinum HD adalah sebuah paket perangkat lunak yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan penyuntingan multimedia hingga proses pembakaran data pada media CD, DVD atau Blue Ray.

15. Java TM Media Framework (TMF)

Java TM Media Framework (JMF) adalah Application Programming Interface (API) yang dapat digunakan untuk memasukan data-data media, baik itu audio maupun video kedalam apliakasi dan applet Java. Pemrograman aplikasi media menjadi lebih mudah karena kemudahan penggunaan Java.

JMF memberikan kemudahan bagi programmer Java untuk dapat mengembangkan program Java yang dapat melakukan playback data secara time-based. JMF mengembangkan kemampuan framework dengan menyediakan dukungan terhadap proses capturing dan storing data media, mengontrol tipe pemrosesan yang dilakukan selama playback dan juga melakukan pemrosesan tertentu pada media stream.

16. Cool Edit Pro 2.0

Cool edit pro adalah software yang digunakan untuk mengedit file-file yang berekstensi mp3, wav, cda, cel dan sebagainya yang mendukung format suara. Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba menggabungkan (mixing) suara dalam hal ini lagu, antara lagu yang satu dengan yang lainnya, dan berbagai efek yang bisa digunakan dalam cool edit pro 2.0.

17. JH -Flax

JH-Flax, sebuah software mungil untuk membuat animasi teks dengan mudah, cepat dan tidak memerlukan banyak skill.  Instalasinya sangat mudah.

18. Tipard video converter

Tipard Video Converter adalah sebuah program converter video yang mampu mengkonversi dengan mudah banyak jenis format video bahkan file video berkualitas tinggi.Program ini juga dapat mengkonversi file Audio dan juga mengekstrak/memisahkan Audio dari sebuah video.

19. Audacity

Audacity adalah perangkat lunak gratis dan mudah digunakan untuk pengolahan suara dan dapat merekam suara, music dari CD, DVD atau Radio,membuat suara untuk presentasi PowerPoint,merekam tes lisan,merekam podcasts,membuat Ringtone,mengedit lagu atau suara.

20. Paint.net

Paint.net adalah software editor foto untuk sistem operasi Windows – seperti GIMP.

 

B.  Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat  lunak  multimedia  adalah  komponen-komponen  dalam  data  processing  system,  berupa program-program  untuk  mengontrol  bekerjanya  sistem  komputer  multimedia.  Perangkat  lunak  ini digolongkan  menjadi  tiga  bagian  yaitu  bahasa  pemrograman  multimedia,  perangkat  lunak  sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.

C. Bahasa Pemrograman Multimedia

Bahasa  pemrograman  Multimedia  adalah  bahasa-bahasa  yang  digunakan  programmer  untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.

D. Perangkat Lunak Sistem (System Software)

Perangkat  lunak  ini  terdiri  dari  Sistem  operasi  (Operating  System) misalnya  DOS  (Disc  Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.

E. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perangkat  lunak  aplikasi  multimedia  merupakan  aplikasi-aplikasi  yang  dibuat  oleh  personal  atau organisasi  untuk  user  yang  beroperasi  dalam  bidang-bidang multimedia  spesifik  seperti  grafik  2D, modeling dan animasi.

F. Perangkat Pengolah Teks

Aplikasi  pengolah  teks  yang  banyak  digunakan misalnya Microsoft Word, Word  Star  for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.

G. Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D

Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:

a.  Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.

b.  Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.

c.  Animasi, misalnya Macromedia Flash.

H. Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D

Contoh  dari  perangkat  lunak  Animasi  dan  modeling  Grafik  3D  adalah  3D  Studio  MAX,  Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.

I. Perangkat Lunak Authoring Multimedia

Authoring  merupakan  aplikasi  komputer  yang  memberikan  peluang  kepada  pengguna  untuk mengembangkan sebuah perangkat  lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).

Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis waktu. Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi  elemen-elemen  dalam  halaman  atau  buku  tersebut. Contoh  dari  aplikasi  ini  adalah HyperCard dan ToolBook Assistant. Authoring  berbasis  icon  menggunakan  konsep  flowchart  untuk  membuat  aliran  elemen-elemen multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan diagram  alir  aktivitas  sepanjang  jalur  percabangan,  contohnya  adalah  Microsoft  Power  Point  dan Macromedia Authorware. Authoring  berbasis  waktu  merupakan  pengembangan  paket  multimedia  sebagai  pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director. Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk  menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.

J. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web

Contoh produk-produk mendesain web antara  lain adalah Macromedia Flash  yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://afwandi123.wordpress.com/2011/03/19/macam-macam-software-tool-multi-media/

http://afwandi123.wordpress.com/2011/03/19/macam-macam-software-tool-multi-media/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s